Kemegahan Patung Terkenal di Dunia

Kemegahan Patung Terkenal di Dunia – Selain menjadi karya seni, patung juga memiliki daya tarik hingga merangkap sebagai ikon suatu kota atau negara. Tak ayal, keberadaan patung selalu sukses menarik perhatian dan tak luput dari bidikan kamera.

Sebagai contoh, Garuda Wisnu Kencana di Bali yang sejak pembangunannya saja sudah mencuri perhatian. Kini, patung setinggi 121 meter itu selalu ramai dikunjungi turis lokal dan asing.

Sementara untuk level internasional, Patung Liberty menjadi salah satu bangunan terkenal yang selalu dibanjiri turis. Namun, selain dari Patung Liberty, masih ada beberapa bangunan terkenal lainnya. Seperti dilansir dari salah satu media berita, berikut lima patung terkenal di dunia:

1. Patung “Liberty” – New York, Amerika Serikat

Kemegahan Patung Terkenal di Dunia

Rasanya Patung Liberty sudah tak asing lagi di telinga, bukan? Berada di New York, Patung Liberty diberikan oleh Prancis kepada Amerika pada abad ke-19 sebagai ungkapan persahabatan.

Selain menjadi simbol persahabatan antara dua negara, Patung Liberty juga menjadi simbol untuk pengunjung, imigran, dan orang Amerika yang kembali datang. Selain itu, juga menjabat sebagai lambang kemerdekaan dan demokrasi.

Bentuk Patung Liberty sendiri adalah sosok wanita yang memegang sebuah obor dan buku. Dan pada tahun 1984, Patung Liberty masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

2. Christ The Redeemer – Rio De Janeiro, Brazil

Christ The Redeemer atau Patung Kristus Penebus juga tak kalah terkenal. Christ The Redeemer terletak di Kota Rio de Janeiro, Brazil, pokeronline tepatnya berada di puncak gunung Corcovado di Taman Nasional Hutan Tijuca.

Diciptakan sejak 1922 hingga 1931, Patung Kristus Penebus memiliki tinggi 30 meter dan panjang horizontal dengan tangan membentang 28 meter. Christ The Redeemer dibuat dari batu kapur dan granit.

Patung yang masuk menjadi salah satu keajaiban dunia ini tak pernah sepi dari pengunjung. Biasanya turis akan memotret dengan latar belakang patung Tuhan Yesus yang sedang membuka tangan atau latar belakang kota Rio de Janeiro.

3. Patung Moai – Pulau Easter, Chili

Patung Moai yang sebagian besar bangunanya terkubur di dalam tanah. Berada di Pulau Easter, setidaknya di dataran seluas 164 kilometer itu terdapat 887 moai yang merupakan warisan nenek moyang Suku Rapa Nui, penduduk asli Pulau Easter. 

Kabarnya, Patung Moai ditemukan sekitar 400-800 SM. Patung palin tingginya bernama Paro dengan tinggi 12 meter dan berat hingga 75 ton.

Sementara pada beberapa lokasi, tampak barisan moai berjajar dengan rapi, seperti di Ahu Tongarki dan Ahu Akivi. Dalam barisannya, patung berbentuk manusia itu menghadap ke arah laut.

4. Patung Little Mermaid –  Conpenhagen, Denmark

Patung Little Mermaid yang berada di Denmark. poker online Tepatnya, patung perunggu ini terletak di pelabuhan kota Copenhagen di atas sebuah batu yang langsung menghadap ke laut lepas.

Little Mermaid dirancang oleh Edvard Eriksen dan sudah ada sejak 1913. Tujuan dibangunnya patung ini adalah untuk mengenang jasa Hans Christian Andersen, penulis cerita dongeng putri duyung, Thumbelina, Gadis Korek Api, hingga Itik Buruk Rupa.

Namun sayangnya, seperti dilansir salah satu media berita, Little Mermaid pernah ‘dipenggal’ kepalanya hingga dua kali, dan dilarang terbit di Facebook karena melanggar aturan terkait foto telanjang. Kemudian bagian lengannya dicopot hingga disemprot cat sebanyak dua kali.

5. Patung “David – Firenze”, Italia

Ada juga Patung David karya Michaelangelo, yang terletak di Firenze di Italia. Sosoknya digambarkan sebagai pria tampan yang telanjang.

Patung adi karya ini dibuat antara tahun 1501 sampai tahun 1504. Dibuat dari marmer, Patung David menjulang setinggi 5 meter dengan berat mencapai 5,5 ton.

6. Patung “The Great Sphinx Of Giza” – Mesir

Kemegahan Patung Terkenal di Dunia

Patung Sphinkx atau The Great Sphinx of Gaza dikenal sebagai salah-satu karya mistis, yang berwujud badan singa berkepala manusia. Patung Sphinkx ini berdiri dengan kokoh di dataran tinggi Giza, tepatnya di sebelah barat tepi sungai Nil, Mesir. Ukuran patung dengan 241 x 63 x 66,34 kaki atau 73,5 x 19,3 x 20,22 meter. Dengan ukuran yang fantastis menjadikan patung ini sebagai patung monolit terbesar di dunia. Orang mempercayai kalau penduduk Mesir kuno membangunnya di tahun 2558-2532 SM. Sehingga, sphinx disebut-sebut sebagai patung pahat monumental tertua di dunia.

7. Patung “David” – Florance

Berasal dari Italia, seorang seniman, Michelangelo, memahat patung ini antara tahun 1501-1504. Patung dengan nama David ini merupakan masterpiece dari sang pemahat. Lelaki telanjang itu berdiri dengan ukuran 17 kaki atau sekitar 5,17 meter. Ia merupakan representasi dari sosok pahlawan Bibel, David. Sekarang patung tersebut ada di “The Accademia Gallery”, Florence. Ia sudah disimpan di sana sejak tahun 1873.

8. Patung “The Motherland Calls” – Rusia

Yang satu ini sering juga disebut The Motherland. Letaknya di Volgograd atau dulu dikenal sebagai Stalingrad, Rusia. Ukurannya mencapai 279 kaki atau sekitar 85 meter. Tidak heran bila pada tahun 1967, patung ini dijadikan yang paling besar di dunia. The Motherland jadi patung non-agama terakhir yang berukuran paling besar. Karena, biasanya patung terbesar itu selalu berkaitan dengan agama Budha. Untuk tilik dari segi arsitektur, patung yang satu ini terbilang rumit. Nampak juga dari posturnya, tangan kanan mengangkat sebuah pedang, sementara yang kiri seperti sedang memanggil. Ada pula 200 langkah jadi simbol dari 200 harinya Peperangan Stalingrad, mulai dari bawah lembah ke monumen.

9. Patung “The Thinker” – Paris

Auguste Rodin yang memahat perunggu ini. Memang, patung ini tidak dibuat di masa hidup Robin serta tidak selalu dalam pengawasannya. Mulanya Robin menganggap karya ini sebagai bagian dari karya lain di tahun 1880. Baru pada tahun 1904, sosok berbahan perunggu yang monumental ini muncul. Karya ini menggambarkan sosok lelaki telanjang, dengan satu tangan yang menyangga dagunya. Gesture itu seolah-olah menggambarkan kalau dia tengah berpikir keras. Figurnya sering kali direpresentasikan sebagi seorang filusuf. Tingginya sekitar 73 inci atau sekitar 186 cm.

10.  Patung “The Terrace of the Lions” – Yunani

“The Terrace of the Lions”,  patung yang terletak di Pulau Delos, Yunani. Pulau ini pun menjadi salah satu lokasi mistis paling penting, bersejarah dan jadi situs arkeologis popular di Yunani. Delos ini mempunyai posisi sebagai cagar alam atau tempat yang cukup dikeramatkan, sebelum mitologi Yunani menjadikannya sebagai tempat lahir Apollo dan Artemis. Para Bangsa Naxos mendedikasikan patung ini untuk Apollo pada tahun 600 SM. Awalnya ada 9 sampai 12 patung penjaga berwujud singa, namun hanya 5 yang bertahan dan 3 diantaranya merupakan fragmen. Saat tahun 1999, patung aslinya dipindahkan ke Musium Delos.

11. Patung “Olmec colossal heads” – Kolombia

Nama Olmec diambil dari peradaban Kolombia kuno. Mereka hidup di dataran rendah yang ada di sebelah selatan Meksiko, di masa modernnya negara Veracruz dan Tabasco yang ada di Meksiko. Peradaban itu berkembang cukup pesat dari tahun 1400 – 400 SM. Salah satu yang khas dari mereka adalah ukuran kepalanya yang super besar dan “ber-helm”. Adapun patung-patung merupakan representasi dari para penguasa. Meski mirip, namun mereka sebenarnya memiliki perbedaan dan karakter tersendiri. Total sudah ada 17 patung kepala yang ditemukan. Ukuran mereka beragam. Yang paling rendah 1,47 sampai dengan 3,4 meter.