Rekomendasi Cat Terbaik Dalam Melakukan Mural

Rekomendasi Cat Terbaik Dalam Melakukan Mural

Rekomendasi Cat Terbaik Dalam Melakukan Mural – Agar lukisan dinding atau mural yang Anda buat menghasilkan karya yang indah serta tahan lama, berikut ini beberapa jenis cat terbaik untuk melukis dinding atau mural.

Melukis sebuah mural di tembok ataupun dinding merupakan alternatif sempurna daripada penggunaan wallpaper.

Dalam proses pembuatan lukis mural, salah satu langkah yang paling penting adalah memastikan bahwa Anda memilih material cat yang tepat untuk pekerjaan membuat mural tersebut.

Seindah apapun desain lukisan dinding Anda, jika cat yang digunakan tidak sesuai atau memiliki kualitas yang kurang bagus, akan berdampak kepada hasil lukisan Anda.

Agar lukisan dinding atau mural yang dihasilkan bagus, Anda harus memilih jenis cat yang memiliki kualitas terbaik untuk melukis dinding.

Yang tidak kalah penting sebelum membuat mural, tentunya Anda harus mengetahui bagaimana persiapan hingga tata cara yang baik dan benar dalam membuat mural.

Semua itu bisa Anda lihat karena kami sudah merangkumnya di Cara Membuat Mural Yang Baik dan Benar untuk Menghasilkan Karya Yang Mengagumkan.

Berikut ini beberapa jenis cat untuk melukis dinding, yang tentunya merupakan cat terbaik untuk melukis dinding atau mural.

Rekomendasi Cat Terbaik Dalam Melakukan Mural

Cat Dasar Untuk Melukis Dinding Yaitu Cat Latex

Kunci ketika melukis mural adalah memastikan penggunaan dasar yang terbaik untuk desain anda, untuk itulah menjadi penting untuk mengaplikasikan cat pelapis dasar.

Jenis cat yang memiliki kualitas terbaik untuk melukis dinding yaitu Cat Latex. Cat Latex ini digunakan sebagai cat dasar dalam membuat lukisan dinding atau mural.

Cat latex adalah jenis cat yang tidak beracun, cat yang tidak gampang terbakar serta mudah dibersihkan, dan memiliki kemungkinan yang jauh lebih kecil untuk mengelupas, cepat kering, dapat bertahan dalam jangka waktu lama, dan menjadikannya material ideal untuk dijadikan dasar bagi lukis mural.

Cat Terbaik Untuk Melukis Desain Mural Utama Yaitu Cat Akrilik

Jenis cat yang cocok untuk digunakan pada saat melukis desain mural utama sangat berfariasi, tergantung dari desain yang digunakan serta media gambar tersebut.

Tipe cat yang digunakan untuk desain mural utama tergantung juga dari tipe desain yang diperlukan. Jika areanya relatif kecil, cat akrilik menjadi pilihan yang ideal karena pilihan pigmen warna yang memang beraneka ragam.

Cat-cat akrilik mural tersebut relatif terjangkau dan sempurna untuk menghasilkan warna yang maksimal.

Cat Terbaik Untuk Penutup Kembali/Varnish

Ketika mural yang dikerjakan sudah mengering, agar menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik gunakan cat untuk penutup.

Salah satu cat terbaik yang digunakan untuk penutup atau penyempurna lukisan dinding Anda yaitu Varnish yang berbahan dasar air.

Varnish tersebut perlu pula dicocokkan apakah cocok dengan cat mural yang telah digunakan. Jika iya, maka keberadaan varnish ini akan membantu memperpanjang umur hidup mural.

Biasanya cara menggambar atau melukis mural yaitu di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya yang desainnya bebas. Sedangkan Grafiti adalah coretan-coretan pada dinding yang menggunakan komposisi warna, garis, bentuk, dan volume untuk menuliskan kata, simbol, atau kalimat tertentu.

Jadi, perbedaan mural dengan graffiti yaitu jika mural gambar yang dibuat lebih bebas dan luas, sedangkan untuk graffiti berupa tulisan atau kata-kata. Dan biasanya graffiti lebih sering dibuat dengan menggunakan cat semprot dan mural menggunakan cat akrilik.

Baik grafiti ataupun mural, keduanya harus dibuat menggunakan cat yang tepat. Berikut ini beberapa jenis cat terbaik untuk melukis baik mural maupun grafiti.

Merk Cat Terbaik Untuk Membuat Mural

Rekomendasi Cat Terbaik Dalam Melakukan Mural

Dalam Proes pembuatan lukis mural, salah satu langkah yang paling penting adalah memastikan bahwa Anda memilih material cat yang tepat untuk pekerjaan membuat mural tersebut.

Agar lukisan dinding atau mural yang dihasilkan bagus, Anda harus memilih jenis cat yang memiliki kualitas terbaik untuk melukis dinding.

Berikut ini beberapa merek cat terbaik untuk melukis dinding.

Merk Cat  Latex Terbaik

1. Benjamin Moore – Aura

Cat ini merupakan cat berkualitas terbaik. Dimana warna yang disuguhkan dari cat ini sangat kaya, cat tebal yang memberikan hasil akhir yang indah. Selain itu juga daya tahan yang luar biasa, tahan jamur.

Merk cat yang satu ini tidak ada kandungan VOC* (Volatile Organic Compound) yaitu bahan/senyawa organic yang mudah menguap yang dihasilkan berupa gas dari beberapa bahan padat atau cair, dan aroma bau cat yang hampir tidak ada karena sangat rendah.

Cat ini memiliki kualitas melekat yang baik dan juga sangat tahan lama. Meskipun perlu diketahui, bahwa merek cat ini sangat mahal.

Jika Anda membutuhkan cat yang berkualitas tinggi, maka tidak ada salahnya membeli cat dengan harga lumayan namun menghasilkan yang terbaik. Beberapa orang lebih menyukai merek ini daripada jenis merek cat lainnya.

2.Glidden Diamond

Glidden Diamond, interior cat akrilik 100% dan primer memberikan daya tahan luar biasa dan ketahanan noda yang luar biasa. Semua noda dan cenderung tidak menempel di dinding.

Ini sangat baik untuk warna dasar sebuah mural.

Cat ini sapat menutup noda-noda di dinding, juga mempunyai garansi seumur hidup. Tidak ada kandungan VOC* dan juga berbau rendah, hampir tak ada bau cat.

3.Pittsburgh Paints – Manor Hall (interior atau interior / eksterior)

cat terbaik untuk mural

Pittsburgh Paints telah ada selama lebih dari 100 tahun. Cat ini sangat berkualitas dan Manor Hall adalah satu diantara merek cat terbaik.

Cat ini sangat cocok sebagai cat dasar untuk melukis mural. Agar mural tidak cepat mengelupas atau pudar.

Cat ini juga memberikan efek glossy. Rata-rata cat ini adalah favorit seniman karena tekturnya yang lembut. Harganya lebih mahal dari cat murah, namun tidak semahal cat lateks berkualitas tinggi lainnya.

4.Sherwin -Williams – Emerald

Ini adalah keluaran cat baru dari Sherwin-Williams. Cat Sherwin-Williams ini juga mempunyai kualitas tinggi dengan finishing yang mulus, cakupan dan daya tahan yang bagus.

Cat ini agak lebih mahal daripada Pittsburgh, tapi jika Anda tidak dapat menemukan cat Pittsburgh di toko-toko, mungkin ini cat ini bisa dijadikan pilihan kedua yang bagus.

5.Dulux Latex Matt

Dulux Latex Matt adalah emulsi lateks putih berkualitas tinggi untuk dinding dan langit-langit dengan finishing matt. Berkat formula Diamond Technology modern, ia membuat lapisan tahan lama dan tahan aus.

Produk ini disarankan agar dicat dengan kuas atau roller. Jangan mengencerkan emulsi. Aplikasikan 2 lapis cat, 2-4 jam selain menerapkan lapisan sebelumnya. Aplikasikan cat yang banyak dan merata ke rol atau sikat, sebarkan secara menyeluruh untuk mendapatkan lapisan yang seragam. Lepaskan lukisan itu segera setelah melukis.

Ini merupakan cat alternatif jika Anda tidak dapat menemukan merk luar di Indonesia.

6.Mowilex

Mowilex banyak tipe dari jenis cat ini. Namun untuk jenis cat dasar Miwolex Emulsion merupakan cat tembok interior yang tersedia dalam berbagai pilihan warna, dibuat dengan menggunakan formulasi bahan khusus bermutu tinggi sehingga menutup dengan sempurna dan memberikan sentuhan warna- warni cemerlang untuk segala ruangan.

Cat emulsi ini berbahan dasar veova bermutu tinggi dengan hasil akhir yang tidak mengkilap, namun tetap cemerlang dan mampu menciptakan kesan yang mewah dan elegan.

Cat tembok ini akan memberikan hasil akhir yang halus, dapat dicuci bila terkena noda dan tidak mudah mengapur.

7.Merk Cat Akrilik Terbaik

Setiap seniman mural akan memilih merek cat akrilik pilihannya sendiri berdasarkan faktor-faktor seperti warna dan konsistensi mulai dari teksture yang lembut sampai kasar maupun dari yang agak padat hingga yang cair.

Jika Anda ingin membeli cat akrilik, pilihlah beberapa warna cat akrilik yang berkualitas tinggi dengan harga yang lumayan mahal, dibandingkan  harga murah namun hasil akhir dari mural tidak maksimal.

Perlu diketahui bahwa, biasanya bagi pemula cat akrilik yang dipilih lebih murah dibanding dengan yang kualitas tinggi, karena cat akan cepat habis karena untuk berlatih namun semua cat tetap harus mempunyai kualitas yang baik agar daya tahan dan hasil akhir yang baik pula.

Pilihan merek adalah bersifat pribadi, sesuai selera dan kebutuhan Anda. Banyak pro yang menurut pengguna hal baik dan kontra yang menganggap merk cat tersebut kurang baik.

Berikut merk cat terbaik dari berbagai sumber.

8.Winsor dan Newton Artist’s Acrylics

W & N meluncurkan rangkaian cat akrilik ini pada bulan Januari 2009 untuk menggantikan seri Finity . Ini memang produk yang berbeda dari sebelumnya yaitu memiliki waktu kerja lebih lama dari basah sampai kering. Dan hasil akhirnya satin (bukan gloss).

Warnanya kaya yaitu dengan 17 pilihan warna terbaru, intens, dan jenuh, dengan konsistensi yang lembut. Merek ini adalah pilihan yang bagus untuk pemula karena menyediakan berbagai pilihan warna dan melukis untuk bereksperimen.

Cat ini juga tersedia di berbagai toko online, mudah dicampur dan dibersihkan.

Pro: Pigmen tinggi, mixes dengan baik, kemasan menarik dan nyaman, beragam warna.

Kontra: Waktu pengeringan yang lambat, tidak banyak ukuran yang tersedia, beberapa pilihan warna berubah.

9.Golden Artist Acrylics

Golden adalah berasal dari perusahaan Amerika yang dibuat khusus untuk menghasilkan cat akrilik berkualitas tinggi bagi para seniman. Golden menyediakan berbagai warna cerah.

Konsistensi catnya seperti mentega, halus dan lembut yang bisa ditipiskan agar mudah dilapisi, dan cepat mengering tergantung jenis cat golden yang digunakan.

Pro : varian dari merek cat Golden Artist Acrylics dengan berbagai konsistensi mulai dari yang sangat bermentega sampai yang ringan.

Kontra : Mahal, pengeringan yang cukup lama

Shannon West